Minggu, 06 Juni 2010

TEKS SAMBUTAN REKTOR UM
PADA UPACARA PERINGATAN HARDIKNAS
TANGGAL 3 MEI 2010

Yth. Para Anggota Senat UM
Ysh. Para Pejabat di Lingkungan UM
Ysh. Ketua Korpri dan Segenap Jajaran Pengurus Korpri UM
Ysh. Para Dosen dan Segenap Karyawan UM
Ysh. Para Mahasiswa
Serta Hadirin yang saya muliakan

Assalaamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Illahi Robbi, Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, yang telah memberikan kesempatan kepada kita untuk melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Marilah keempatan yang baik ini kita gunakan pula untuk mengadakan silaturahim kekeluargaan sejawat di lembaga yang kita cintai ini.
Hadirin yang saya hormati!
Dalam Peringatan Hardiknas kali ini, Mendiknas memberikan tiga makna. Pertama, Hardiknas sebagai momentum untuk merenungkan dan merefleksikan perjalanan panjang yang telah dilalui terkait dengan cita-cita pendidikan nasional yang berciri kepahlawanan dan nasionalisme dalam mencerdaskan bangsa. Kedua, Hardiknas merupakan momentum untuk melakukan introspeksi diri terhadap program-program pendidikan untuk menjamin perolehan hak atas layanan pendidikan tanpa diskriminatif. Ketiga, Hardiknas memberikan peluang kepada kita untuk memprospek pendidikan yang lebih baik sesuai dengan amanat konstitusi yang harus dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Hardiknas tahun ini mengangkat tema “Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa”. Tema itu tidak hanya mengakomodasi perubahan-perubahanan yang terjadi pada perikehidupan bangsa ini, tetapi juga sudah sesuai dengan cita-cita Ki Hajar Dewantoro, bahwa pendidikan merupakan daya upaya untuk memajukan tumbuhnya budi pekerti, pikiran, dan pertumbuhan anak.

Hadirin yang saya hormati!
Marilah Hardiknas ini kita maknai dalam konteks kehidupan institusi kita, UM tercinta yang menjadi kebanggaan civitasnya. Kita harus mengakui bahwa UM dengan kelahirannya setelah era IKIP Malang harus berjuang keras untuk menata dan membangun diri. Banyak dimensi kelembagaan yang harus dibenahi untuk menuju UM yang kita idealkan. UM yang kita idealkan itu secara untuh tercantum dalam Rencana Induk Pengambangan (RIP) UM 2011—2030 dengan periodisasi pencapaian 4 tahunan. Karena itu, perkenankanlah saya mengajak Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan Hadirin sekalian untuk memahami kondisi-kondisi UM dari segi kekurangan dan kelebihannya. Dengan pemahaman itu, marilah kita berpartisipasi secara optimal sesuai dengan posisi dan peran kita masing-masing.
Dengan nama UM, kita sedang membangun citra. Untuk itu, penguatan kapasitas kelembagaan untuk meningkatkan layanan yang berkualitas dan memadai merupakan kunci utama keberhasilan membangun citra. Pada dasarnya, peningkatan kapasitas kelembagaan itu terfokus pada (1) Rancang Bangun Program, (2) Struktur Organisasi dan Sistem Manajemen, (3) SDM (kualifikasi, kompetensi, dan kinerja), dan (4) Sarana dan Prasarana (Sarpras).
Dalam rangka membangun citra pula, UM baru saja menggelar Sayembara Cipta Logo dan Desain Stiker UM: The Learning University yang melombakan 4 macam desain, yakni (1) Desain Brand Name Logo, (2) Desain Stiker Billboard, (3) Desain Stiker Bodi Mobil, dan (4) Desain Stiker Cutting, dengan jumlah hadiah keseluruhan sebesar 50 juta rupiah. Lomba itu ternyata tidak hanya berhasil menarik peserta lomba, tetapi juga telah menjadi ajang sosialisasi dan promosi UM kepada masyarakat luas pada tingkat nasional. Peserta berasal dari 43 daerah di seluruh Indonesia, tersebar dari Sumatra sampai Papua. Sebanyak 933 karya diajukan kepada Panitia Lomba. Pada kesempatan ini, izinkanlah saya menyampaikan hasil lomba yang penciptanya juga hadir pada upacara ini.
1. Pemenang Desain Brand Name Logo adalah Constantinus Elang Perkasa, S.Sn, praktisi desain asal Yogyakarta.
2. Pemenang Desain Stiker Billboard adalah Wiwiek Eka Hendrian, karyawan swasta asal Kota Jakarta.
3. Tidak ada pemenang untuk Lomba Desain Stiker Bodi Mobil dan Lomba Stiker Cutting.

Hadirin yang berbahagia!
Sejumlah kemajuan yang berarti sudah kita capai: peningkatan kualifikasi, karir, dan kompetensi SDM, penambahan unit-unit kelembagaan (Fakultas, Program Studi, UPT), dan penguatan sistem manajemen kebijakan satu pintu, serta penambahan sarana dan prasarana manajemen kelembagaan. Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini, saya sampaikan penghargaan dan rasa terima kasih yang tulus kepada Saudara-saudara yang telah berperan dalam upaya mencapai kemajuan tersebut.
Dalam penataan aset ada kemajuan yang berarti. Pengadilan Tata Usaha Negera dan Pengadilan Negeri telah mengambil keputusan bahwa Rektor UM dinyatakan sebagai Pihak yang benar dalam penyelesaian kasus rumah negara. Ada juga berita yang menggembirakan. Lahan dan Gedung P4TK PKn dan IPS Malang (dulu Gedung P3G IPS) yang berlokasi di Jalan Veteran sudah diserahkan kembali kepada UM dan menjadi aset yang sangat berharga. Dalam waktu dekat, lahan dan Gedung UT juga akan diserahkan kepada UM dan akan dapat digunakan UM mulai semester gasal tahun akademik 2010/2011.
Hadirin yang berbahagia!
Sejalan dengan pembatalan UU BHP oleh Mahkamah Konstitusi, pilihan landasan manajemen kelembagaan yang berlaku bagi UM adalah Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum (PT BLU). Persetujuan Organisasi dan Tata Kerja (OTK) UM dari Menpan sedang kita tunggu. Sambil menunggu turunnya OTK tersebut, kinerja profesional yang merupakan kunci manajemen kelembagaan PT BLU harus sudah dilaksanakan. Dalam kaitan itu, akan diterapkan pula peraturan beban kerja dosen sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Dalam hal menajemen kelembagaan, pemimpin unit kelembagaan pada berbagai aras memegang peran kunci. Kita semua berharap agar semua pemimpin menjadi teladan berkinerja profesional di lingkungan masing-masing. Pemimpin harus mampu menunjukkan kinerja yang diukur dari standar-standar integritas, loyalitas, kapabilitas, moralitas, dan profesionalitas. Dengan kinerja berdasarkan 5 ukuran itu, nama baik unit kelembagaan akan terjaga, dan senantiasa harus diupayakan agar manajemen kelembagaan tidak meninggalkan jejak noda sedikitpun.
Hadirin yang saya muliakan!
Kita baru saja mengikuti proses suksesi Rektor UM Periode 2010—2014. Terkait dengan suksesi tersebut, pada Upacara Korpri tanggal 17 Maret 2010 saya mengajak hadirin untuk menyambut dan mengikuti suksesi tersebut dengan penuh kearifan atas semangat memelihara keutuhan dan kebersamaan dalam suasana kehidupan keluarga besar UM. Proses pada tataran institusi UM sudah selesai dan hasilnya akan dikirimkan ke Menteri Pendidikan Nasional tanggal 10 Mei 2010 untuk diproses lebih lanjut.
Pada kesempatan yang baik ini, izinkanlah saya mewakili semua unsur pimpinan menyampaikan terima kasih atas kearifan Saudara-saudara dalam mengikuti semua proses suksesi Rektor tersebut mulai awal sampai selesai. Jika pada saat proses tersebut ada kondisi-kondisi yang mengganggu hubungan kesejawatan, pada kesempaan ini pula saya mengajak hadirin untuk tetap menjaga kehidupan kelembagaan yang harmonis dalam keutuhan dan kebersamaan.


Demikian Saudara-saudara. Atas perhatian Saudara-saudara untuk menghadiri upacara ini saya sampaikan terima kasih. Mohon maaf sekiranya ada kesalahan. Mudah-mudahan Tuhan senantiasa bersama kita. Amin.
Wassalaamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Malang, 3 Mei 2010
Rektor,





Rector of UM TEXT MESSAGE
ON Education Day Commemoration Ceremony
DATE 3 MEI 2010

Designation. Senate Members UM
Ysh. Officials of the Environmental UM
Ysh. Chief Executives Board Korpri and Whole Korpri UM
Ysh. Our Faculty and Staff All UM
Ysh. The Student
Ladies and Gentlemen, I am honored and

Assalaamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Let us praise praise to the divine presence Robbi, God the Most Gracious, Most Merciful, who has given us the opportunity to implement the National Education Day Commemoration Ceremony (Education Day). Let this good keempatan we use also to hold a family friendship colleagues at our beloved institution.
Ladies and Gentlemen!
In this time warning Education Day, Minister of Education gives three meanings. First, the Education Day as a momentum to ponder and reflect on the long journey that has been passed related to the ideals of national education, characterized by heroism and nationalism in the nation. Second, the Education Day is a momentum for introspection on educational programs to ensure the acquisition of educational services without discrimination. Third, the Education Day provides an opportunity for us to memprospek better education in accordance with the constitutional mandate that must be carried out in accordance with laws and regulations.
Education Day this year the theme of "Character Education for Developing Nations Civilization." The theme was not only-perubahanan accommodate changes that occurred in this nation's livelihood, but also is in conformity with the ideals of Ki Hajar Dewantoro, that education is an effort to promote the growth of character, mind, and growth of children.

Ladies and Gentlemen!
Let us maknai Education Day this in the context of our institutional life, which became the pride of my beloved UM civitasnya. We must recognize that the UM with his birth after the age of Malang Teachers' Training College should strive to organize and establish themselves. Many institutional dimensions that must be addressed toward us idealkan UM. UM idealkan that we are untuh thresholded listed in the Master Plan (RIP) 2011-2030 UM with the achievement of four annual periods. Therefore, let me ask gentlemen, Ladies, and Ladies and Gentlemen to understand the conditions of UM in terms of lack and excess. With that understanding, let us participate in an optimal fit with the position and role of each of us.
With UM's name, we are building an image. Therefore, strengthening the institutional capacity to improve quality and adequate services is key to the success of building the image. Basically, institutional capacity building was focused on (1) Program Design, (2) Organizational Structure and Management System, (3) human resources (qualifications, competence, and performance), and (4) Facilities and Infrastructure (Sarpras).
In order to build the image of all, UM had just held a competition Notices Stickers UM Logo and Design: The Learning University that feature four kinds of design, namely (1) Brand Name Logo Design, (2) Design Stickers Billboard, (3) Car Body Design Stickers , and (4) Design Stickers Cutting, with a total overall prize of 50 million rupiah. The competition turned out to be not only succeeded in attracting contestants, but also has become a means of socialization and the promotion of UM to the general public at the national level. Participants came from 43 regions throughout Indonesia, spread from Sumatra to Papua. A total of 933 works submitted to the Competition Committee. On this occasion, allow me to convey the results of the race whose authors also present at this ceremony.
1. Brand Name Logo Design Winner is Elang Perkasa Constantine, S. Sn, home design practitioners Yogyakarta.
2. Billboard is the winner of Design Stickers Wiwiek Eka Hendrian, private sector employees home city of Jakarta.
3. There are no winners for the Contest and Car Body Design Competition Stickers Stickers Cutting.

Ladies and happy!
A number of significant progress we have achieved: improvement of qualifications, career, and the competence of human resources, the addition of institutional units (Faculties, Study Program, UPT), and the strengthening of one-door policy management system, and increasing numbers of institutional facilities and infrastructure management. For that, on this great opportunity, my appreciation and sincere gratitude to the brothers and sisters who have participated in the effort to achieve such progress.
In structuring the assets have significant progress. Administrative Court and Court of countries have taken the decision that the Rector of UM expressed as a Party that is true in the home country to settle the case. There is also news. Land and Building P4TK PKN and IPS Malang (formerly IPS P3G Building) located at Jalan Veteran had been transferred back to UM and became a valuable asset. In the near future, the land and building will also be submitted to UT UM and UM will be used starting odd semester of the academic year 2010/2011.
Ladies and happy!
Along with the cancellation of BHP by the Constitutional Court Act, the choice of institutional management platform that is applicable to UM Higher Education Public Service Board (PT BLU). Approval Organization and Work (method could) from UM are we waiting for the minister. While waiting for the method could decrease, professional performance which is a key institutional management of PT BLU should have been executed. In this regard, will be applied also legislation faculty workload in accordance with regulations issued by the Directorate General of Higher Education.
In terms of institutional management, institutional unit leaders at various levels play a key role. We all hope that all leaders are role models of professional performers in their respective environment. Leaders must be able to demonstrate measurable performance standards of integrity, loyalty, capabilities, morality, and professionalism. With performance based on five measures, the good name of the institutional unit will be maintained, and always should be sought so that the institutional management did not leave the slightest trace of stain.
Ladies and Gentlemen, I am honored!
We just follow the process of succession Rector of UM Period 2010-2014. In connection with the succession, the ceremony Korpri date March 17, 2010 I invited the audience to welcome and follow it with a succession of management wisdom of maintaining the spirit of unity and togetherness in an atmosphere of big family life UM. UM process at the level of institutions already completed and the results will be sent to the Minister of National Education dated May 10, 2010 for further processing.
On this good opportunity, allow me to represent all the elements to thank the leadership of brothers wisdom in following all of the Rector of the succession process began earlier to complete. If during this process there are conditions that interfere with the relationship kesejawatan, at this kesempaan I also invite the audience to keep life harmonious within the institutional integrity and togetherness.


Likewise gentlemen. Gentlemen your attention to attend this ceremony I would like to thank you. We apologize if there was an error. I hope God is always with us. Amen.
Wassalaamu alaykum warahmatullahi wabarakatuh.


Malang, May 3, 2010
Rector,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar